Rabu, 07 Desember 2016

Corruptio Kita Putus Ajah




dok. pribadi. generasi anti korupsi

Apa itu korupsi?

Korupsi bukan suatu hal  yang asing lagi terdengar oleh telinga kita, nyaris setiap hari berita  tentang korupsi di pertontonkan di media elektronik dan media cetak. Menurut Alatas (1987) pengertian korupsi sebagai pencurian yang melalui penipuan dalam situasi yang menghianati kepercayaan. Korupsi merupakan wujud perbuatan immoral dari dorongan untuk mendapatkan sesuatu menggunakan metode penipuan dan pencurian.



Bisa nggak sih korupsi dihilangkan
Emang sih korupsi di negara kita udah sampai pada tahap kronis, bayangkan saja negeri ini menduduki peringkat ke 88 untuk kasus korupsi nya di dunia.Namun bukan berarti korupsi itu tidak bisa dihilangkan alias dibrantas. Wong Negara ini dijajah Belanda selama 126 tahun bisa merdeka, begitupun terbebas  dari  korupsi juga bisa dong karena kita adalah bangsa yang hebat. Pertanyaan nya adalah  “maukah kita turut andil dalam memberantas korupsi dari ibu pertiwi?.

Gimana cara mencegah korupsi
 Pertama, untuk mencegah korupsi haruslah dimulai dari diri kita sendiri. Ada kisah seorang pemuda yang punya mimpi mengubah dunia dia mengatakan “ ketika aku muda, aku ingin mengubah dunia,lalu aku sadari, betapa sulit mengubah seluruh dunia. Maka aku putuskan untuk mengubah negaraku saja. Ketika aku sadari aku tidak bisa mengubah negaraku, aku mulai berusaha mengubah kotaku. Ketika aku semakin tua, aku sadari tidak mudah mengubah kotaku. Maka aku mulai mengubah keluargaku. Kini aku semakin renta, aku tidak bisa mengubah keluargaku.ternyata aku sadari bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri. Tiba-tiba aku tersadarkan bahwa bila saja aku  bisa mengubah diriku sejak dulu, aku pasti bisa mengubah keluargaku dan kotaku. Pada akhirnya aku bisa mengubah negaraku dan aku pun bisa mengubah  seluruh dunia ini”. 

Jadi hikmah yang bisa  kita ambil dari cerita pemuda tersebut adalah sebelum kita mempunyai keinginan menghilangkan korupsi di negeri ini, kita musti melihat jauh ke dalam diri kita masih ada nggak sih tindakan-tindakan korupsi yang menjadi perilaku kita? Jika masih ada berusahalah untuk memutuskan mata rantai korupsi yang ada dalam diri kita agar kelak tidak menjadi lingkaran yang menggurita. Sekecil apapun bibit korupsi yang ada dalam diri kita tetap punya potensi untuk menjadi besar.  sebelum itu terjadi, kita harus  memutuskan mata rantai tersebut  sehingga  korupsi yang udah jadi budaya saat ini dapat hilang dari bumi pertiwi.  Dan setiap upaya positif yang kita lakukan untuk menghindari korupsi akan lebih baik kita tularkan pada keluarga  dan orang-orang terdekat kita, baik secara perbuatan ataupun perkataan.

Kedua, lewat  pendidikan sejak usia dini, semua kita tentu sepakat dong bahwa anak balita, dan batita sekarang adalah pewaris negeri ini kelak. So penting untuk menanamkan nilai-nilai yang luhur pada mereka sejak dini agar kelak memiliki karakter yang bersih dari korupsi. Orang dewasa disekitar anak-anak harus mampu menjadi model dan teladan yang baik bagi mereka. Karena anak-anak  lebih mudah menyerap dengan melihat  contoh langsung dari pada kita ngomong sampai berbusa-busa. Banyak kegiatan atau permainan yang bisa dilakukan untuk mengedukasi anak-anak dalam mencegah korupsi diantaranya bercerita dengan media boneka, dengan buku cerita dan senam Kumbi anak jujur  yang  ikon nya dikembangkan oleh KPK pada tahun 2012. 

Nah dalam memperingati HAKI 2016 yang pada tahun ini yang penyelenggaraannya di pusatkan di Pekanbaru ibu kota propinsi Riau, senam Kumbi anak jujur akan diikuti oleh 4.500 orang anak TK dan 3.000 orang dari KB, TPA.


Secara gerakan emang nggak ada sih hubungan korupsi dengan senam, namun dunia anak yang fase perkembangan emang belajar sambil bermain maka senam yang diciptakan untuk mereka ada tokoh dan nyanyian nya, nah “jujur” pada  lirik  nyanyian inilah yang menjadi “ inti perilaku yang dihidupkan” yang diharapkan tertanam di alam bawah sadar anak  usia sejak dini.

Ketiga jujur, kejujuran mutlak adanya untuk mencegah perbuatan korupsi. Karena dengan berperilaku jujur kita akan terbiasa berbuat sesuai dengan norma yang ada sehingga tidak menabrak aturan yang berlaku. Bukankah kita sudah sama-sama tahu ada petuah bijak yang mengatakan “kejujuran adalah mata uang yang belaku dimana saja. Yuk, kita bangun kembali kesadaran kita akan pentingnya sikap jujur.

Keempat Agama. agama apapun yang kita yakini pastilah menentang tindakan  korupsi, karena bertentangan dengan nilai luhur agama. Maka kita perlu menyadari pada kenyataannya kita nggak pernah benar-benar sendiri karena ada Dzat yang senatiasa mengawasi. Maka perlu kita tanamkan dalam hati kita bahwa Allah dekat slalu. Sehingga dengan begitu muncul rasa takut dalam diri kita untuk melakukan korupsi. ajaran agama hendaklah menjadi benteng bagi kita untuk menjauhi tindakan korupsi.

 Pada dasarnya fitrah kita cendrung pada kebaikan, jadi sekecil apapun tindakan korupsi yang kita lakukan akan berpengaruh pada kehidupan kita. So biar hidup tenang jauhi korupsi, dekatlah dengan Ilahi. Bersyukur dengan apa yang udah kita miliki, yang di dapati dengan cara yang diridhoi.

3 komentar:

Design by Wulansari